WELCOME TO MY BLOG "MY BLOG IS MY ROOM" AND THANKS FOR VISITING MY BLOG

Senin, 29 Juni 2015

Tips & Trik Menulis CV (Curriculum Vitae)

Curriculum Vitae (CV) atau resume adalah data pribadi kamu.  CV adalah hal pertama yang biasanya langsung dilihat perusahaan dari diri seorang pelamar saat melamar pekerjaan. CV adalah bagian yang penting karena lewat CV itulah perusahaan mendapat kesan pertama setelah membaca CV tentang kita. Jadi apa yang kita tulis di CV adalah usaha kita dalam  memasarkan keahlian diri kita sehingga kita bsa menjadi pilihan yang tepat dalam mengisi posisi kerja yang saat itu dibutuhkan.  Membuat CV yang baik dan menarik membuat kamu mendapatkan kesempatan dalam pekerjaan yang kamu inginkan.  Lalu bagaimana cara membuat CV yang baik dan menarik?
Sebelum kita membahas berbagai tips membuat CV yang baik, alangkah baiknya kita membahas pengertian dari CV tersebut, apa yang di maksud dengan CV? CV atau Resume adalah sebuah dokumen yang memberikan data pribadi  mengenai siapa diri kamu secara ringkas, apa saja pencapaian kamu terhadap pekerjaan  yang telah kamu lakukan di masa lalu, bagaimana relevansi pengalaman kamu  terhadap posisi pekerjaan yang pernah dilamar,  dan apakah kamu adalah orang yang tepat atau tidak menjadi yang terpilih  diantara  banyak kandidat. Intinya, CV adalah  gambaran data diri dalam tulisan. CV yang baik adalah dimana pembaca CV itu bsa  membayangkan dengan baik disaat  sang pembuat CV sebelum bertemu secara langsung.
  •   Fungsi CV

CV atau Resume untuk Perusahaan yang membuka lowongan kerja adalah untuk mempermudah mengevaluasi kemampuan dan bakat pelamar pekerjaan  yang memang memiliki hubungan dengan apa yang benar-benar dibutuhkan oleh perusahaan. CV atau Resume untuk Pelamar adalah menjelaskan  kemampuan yang dimilikinya dengan realistis dan sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh perusahaan. Dan tingkat memiliki hubungan atau tidak dengan perusahaan tergantung dari teknik evaluasi yang dilakukan pelamar. Bagaimana membuat CV yang efektif dan menarik? Apa tips dan trik dalam membuat CV yang menarik?

·         Rapi dan Mudah Dibaca. Ini adalah hal utama dari sebuah CV  yang efektif dan menjual. Tampilan  CV tentu akan menjadi kesan pertama apakah orang yg membaca ingin melanjutkan nya lagi atau menyerah sebelum membaca apa yang ada di dalamnya. Dan kerapian dapat menggambarkan seseorang yang tertib, teratur, bersih juga sistematis dalam kemampuan bekerja-sama dengan orang lain. Jadi hal yang penting adalah menggunakan huruf dengan ukuran normal, spasi jangan terlalu rapat, margin tidak konsisten, atau ejaan yang banyak kesalahan. Gunakan format standar yg biasa biasa saja , ubahlah format tersebut sesuai dengan kebutuhan.

·         Berikan Informasi Lengkap. CV yang efektif selalu memberikan informasi dengan lengkap  kepada orang yang membacanya, setidaknya mencakup semua yang telah Gajimu jabarkan di poin sebelumnya. Gunakan bahasa formal dan kalimat-kalimat yang sederhana serta konsisten dalam seluruh dokumen anda. Dan tulislah CV dengan jujur dan akurat.

·         Berikan Informasi Secara Ringkas. CV yang efektif memang harus menyajikan informasi secara lengkap dan detail, tapi bukan berarti CV kamu banyak dan panjang sampai beberapa halaman. Kamu bisa memaparkan informasi penting, detail dan relevan yang terkait pekerjaan yang dituju hanya dalam 1-2 halaman.

·         Konsistensi Karir. Hal ini sudah menjadi rahasia umum karena salah satu kunci penting yang menentukan untuk dihubungi oleh pihak perusahaan dalam tahapan rekrutmen berikutnya. Pihak perusahaan biasanya akan lebih memilih bagian yg memang bidang yg dibutuhkan untuk mengisi posisi yang lowongan.

·         Karir Progresif. Ketika kamu sudah menjadi orang yg menguasai dalam satu bidang, keputusan untuk tahapan rekrutmen berikut biasanya lebih mudah diambil oleh pihak perusahaan  apabila kamu  menjalani karir yang progresif , karena memang disini indikator yg paling nyata apakah kamu bisa memberikan performa kerja yg terbaik dalam bidang yang kamu kuasai.

·         Achievement. Untuk hal ini kamu tidak usah ragu dalam menuliskan pencapaian atau  hasil prestasi kamu yang diukir dalam tiap posisi di tempatsebelumnya. Justru hal inilah kesempatan terbaik untuk menjual kemampuan dan kompetensi yang kamu miliki kepada pihak perusahaan yang merekrut.

·         Custom Made. Maksud dari  custom made disini adalah mengubah dan menyesuaikan CV agar sedapat mungkin dapat menunjukkan kepada pihak perusahaan yang merekrut bahwa kemampuan dan kompetensi yang kamu miliki memang mendekati persyaratan kerja yang dicari oleh pihak perusahaan.

Sumber :



1 komentar: