Kolaborasi antar-muka otomatif multimedia atau dalam bahasa
inggris disebut Automotive Multimedia Interface Collaboration (AMI-C) adalah
sebuah mkelompok yang dibuat oleh pembuat (maker) untuk menciptakan
standar umum yang digunakan untuk mengatur bagaimana cara kerja perangkat
elektronik, seerti komputer dan hiburan unit, berkomunikasi dengan kendaraan.
Dan memiliki anggota: Fiatm Ford, General Motors, Honda, Mitsubishi, Nissan,
PSA Peugeot-Citroen, Renault. atau
Sebuah organisasi yang dibentuk untuk menciptakan
standarisasi dunia yang digunakan dalam mengatur bagaimana sebuah perangkat
elektronik dapat bekerja disebut Kolaborasi Antar muka Otomotif Multimedia.
Tujuan Utama dari AMI-C sendiri adalah untuk menyediakan
interface standar bagi pengendara mobil dengan menggunakan media komputer. Saat
ini kita dapat melihat kebutuhan akan komputer tidak hanya pada Personal
Computer maupun Laptop, tetapi juga pada mobil seperti sistem navigasi (GPS),
hands-free pada telepon selular, termasuk pengenalan suara sintesis yang
berfungsi untuk komunikasi jarak dekat untuk dipersembahkan komunikasi jarak
dekat ( DSRC) sistem untuk kendaraan untuk infrastruktur komunikasi dan sistem
mobil seperti airbag, pintu kunci dan diagnostik input / output.
Dan, apa yang dimaksud dengan Kolaborasi Antar Muka Otomotif
Multimedia?
AMI-C adalah sebuah organisasi yang dibentuk untuk
menetapkan standarisasi yang digunakan untuk mengatur bagaimana perangkat
elektronik dapat bekerja seperti komputer & alat komunikasi pada kendaraan,
sehingga alat-alat elektronik tersebut dapat bekerja dengan baik dan sesuai
dengan kendaraan. Karena belum tentu alat-alat elektronik tersebut sesuai
(compatible) dengan setiap kendaraan (mobil) oleh karena itu diperlukan standar
agar perangkat elektronik tersebut tidak mengganggu kerja sistem mobil.
Sejarah AMIC
The Automotive Multimedia Interface Kolaborasi (AMIC)
didirikan pada Oktober 1998 dengan tujuan untuk mengembangkan serangkaian
spesifikasi umum untuk multimedia interface ke sistem elektronik kendaraan bermotor
untuk mengakomodasi berbagai berbasis komputer perangkat elektronik di dalam
kendaraan. Inisiatif ini-yang pendiri Daimler-Chrysler, Ford, General Motors,
Renault dan Toyota – sekarang kelompok semua auto utama pembuat, dan dengan
demikian menyediakan kesempatan strategis baru untuk mencapai suatu set umum
industri mobil.
Untuk berbagai alasan, kendaraan telah tertinggal di
belakang rumah dan perangkat komputasi mobile ketika datang ke alat
produktivitas dan multimedia. Keamanan, kehandalan, biaya, dan desain waktu
memiliki semua faktor dalam produsen mobil ‘menunda penerimaan teknologi baru.
Makalah membahas otomotif standar untuk antarmuka multimedia. Organisasi
seperti Otomotif Kolaborasi Multimedia Interface (AMI-C) memiliki kesempatan
untuk menjadi kekuatan pendorong di belakang upaya standardisasi.
Depan yang berbeda, The Otomotif Multimedia Interface
Kolaborasi(AMI-C) mengumumkan di seluruh dunia cipta penugasan dari 1394
spesifikasi teknis otomotif ke Trade Association 1394 AMI-C berikut dokumen
sekarang milik 1394TA:
- AMI-C 3023 Power Management Specification
- AMI-C 3013 Power Management Architecture
- AMI-C 2002 1.0.2 Common Message Set Power
Management
- AMI-C 3034 Power Management Test Documents
- AMI-C 4001 Revision Physical Specification.
Tujuan dari kolaborasi antarmuka otomotif multimedia antara
lain:
• Menyediakan interface standart untuk memungkinkan pengendara mobil untuk menggunakan berbagai media, komputer dan perangkat komunikasi - dari sistem navigasi dan hands-free telepon selular, melalui manusia maju / mesin sistem antarmuka, termasuk pengenalan suara dan sitensis, untuk dipersembahkan komunikasi jarak dekat (DSRC) sistem untuk kendaraan untuk infrastruktur komunikasi dan sistem mobil seperti airbag, pintu kunci dan diagnostik input / output.
• Meningkatkan pilihan dan mengurangi keusangan sistem elektronik kendaraan.
• Memotong biaya keseluruhan informasi kendaraan dan peralatan hiburan dengan meningkatkan ukuran pasar yang efektif terdiri dari banyak pasar yang kecil karena setiap platform kendaraan sering mengandung berbagai adat-mengembangkan komponen dan platform yang khas hanya sekitar 50.000 unit.
• Menawarkan standar terbuka dan spesifikasi untuk informasi interface dalam kendaraan dan antara kendaraan dan dunia luar.
FUNGSIONAL KOLABORASI ANTARMUKA OTOMOTIF MULTIMEDIA
Fungsional Kolaborasi Antarmuka Otomotif Multimedia
Telematika,sebelumnya menjelaskan pengertian dari kata-kata tersebut agar lebih
jelas dan mudah dipahami.
Sebuah organisasi yang dibentuk untuk menciptakan
standarisasi dunia yang digunakan dalam mengatur bagaimana sebuah perangkat
elektronik dapat bekerja disebut Kolaborasi Antar muka Otomotif Multimedia.
The Automotive Multimedia Interface Kolaborasi (AMIC)
didirikan pada Oktober 1998 dengan tujuan untuk mengembangkan serangkaian
spesifikasi umum untuk multimedia interface ke sistem elektronik kendaraan
bermotor untuk mengakomodasi berbagai berbasis komputer perangkat elektronik di
dalam kendaraan. Inisiatif ini-yang pendiri Daimler-Chrysler, Ford, General
Motors, Renault dan Toyota – sekarang kelompok semua auto utama pembuat, dan
dengan demikian menyediakan kesempatan strategis baru untuk mencapai suatu set
umum industri mobil. Automotive Multimedia Interface Collaboration (AMI-C)
sudah memiliki anggota : Fiat, Ford, General Motors, Honda, Mitsubishi, Nissan,
PSA Peugeot-Citroen, Renault. AMI-C mengembangkan dan men-standarisasi
antarmuka multimedia dan telematika otomotif yang umum untuk jaringan
komunikasi kendaraan.
Selanjutnya pembahasan dari tujuan dan fungsional kolaborasi
antarmuka otomotif multimedia telematika :
- Dapat menyediakan interface standar untuk memungkinkan pengendara mobil untuk menggunakan berbagai media, komputer dan perangkat komunikasi - dari sistem navigasi dan hands-free telepon selular, melalui manusia maju / mesin sistem antarmuka, termasuk pengenalan suara dan sintesis, untuk dipersembahkan komunikasi jarak dekat ( DSRC) sistem untuk kendaraan untuk infrastruktur komunikasi dan sistem mobil seperti airbag, pintu kunci dan diagnostik input / output.
- Dapat meningkatkan pilihan dan mengurangi keusangan sistem elektronik kendaraan.
- Dapat memotong biaya keseluruhan informasi kendaraan dan peralatan hiburan dengan meningkatkan ukuran pasar yang efektif dan memperpendek waktu pengembangan - industri otomotif efektif terdiri dari banyak pasar yang kecil karena setiap platform kendaraan sering mengandung berbagai adat-mengembangkan komponen dan platform yang khas hanya sekitar 50.000 unit.
- Dapat menawarkan standar terbuka dan spesifikasi untuk informasi interface dalam kendaraan dan antara kendaraan dan dunia luar.
STRUKTURAL KOLABORASI ANTARMUKA OTOMOTIF MULTIMEDIA
Automotive Multimedia Interface Kolaborasi (AMIC) mengatakan
akan menjadi tuan rumah tiga update internasional briefing untuk menjadi
pemasok otomotif, komputer dan teknologi tinggi industri elektronik. Briefing
akan diadakan 23 Februari di Frankfurt, Jerman; Februari 29 di Tokyo; dan Maret
9 di Detroit.
“AMIC telah membuat suatu kemajuan yang signifikan
dalam satu tahun terakhir ini dalam menyelesaikan struktur organisasi dan
mencapai kesepakatan mengenai persyaratan yang diperlukan untuk hardware dan
software baik di masa depan mobil dan truk,” Jurubicara AMIC Dave Acton
berkata, “Dan sekarang sudah saatnya bagi kita untuk bertemu dengan pemasok dan
mereka yang tertarik untuk menjadi pemasok untuk memastikan kami pindah ke
tahap berikutnya pembangunan kita bersama-sama. “
Acton menekankan bahwa AMIC terbuka untuk semua pemasok yang
tertarik bisnis elektronik. AMIC dibentuk pada bulan September l998 dan saat
ini dipimpin oleh 12 produsen otomotif dan anak perusahaan yang meliputi: BMW,
DaimlerChrysler, Ford, Fiat, General Motors, Honda, Mitsubishi, Nissan, PSA /
Peugeot-Citroen, Renault, Toyota, dan VW. Seorang juru bicara mengatakan
kelompok AMIC berencana untuk mendirikan sebuah kantor di San Francisco di masa
depan
Sumber :
- http://bayutriismoyo.blogspot.co.id/2015_12_01_archive.html
- komputereyza.blogspot.com/2009/
- viviaryanti.blogspot.com/