A. Manajemen Data Sisi Client
Manajemen Data adalah pengembangan dan
penerapan arsitektur, kebijakan, praktik, dan prosedur yang secara benar
menangani siklus hidup lengkap data yang dibutuhkan oleh suatu perusahaan.
Jadi, Manajemen data telematika merupakan prosedur yang menangani siklus hidup
lengkap data yang dibutuhkan oleh perusahaan dengan bantuan telematika.
Ada beberapa karakteristik dari sisi klien pada umunya
sudah kita ketahui, yaitu :
1.
Pihak klien selalu memulai permintaan/permohonan
ke pihak server
2.
Setelah mengirim permintaan, kemudian klien akan
menunggu balasan atau jawaban atas permintaannya dari server
3.
Menerima balasan dari server atas permintaannya
4.
Biasanya klien akan terhubung ke sejumlah kecil
dari server pada satu waktu
5.
Biasanya berinteraksi langsung dengan end-user
(pengguna akhir) dengan menggunakan user interface (antarmuka pengguna)
6.
Khusus jenis klien mencakup web browser, email
klien dan online chat klien
Manajemen Data yang terjadi pada sisi klien dapat kita
pahami pada DBMS dibawah ini.
Mobile DBMS (Embedded/Ultra
tiny/Java Database) Merupakan suatu DBMS yang terdapat pada peralatan bergerak
(mobile device). Mobile DBMS adalah versi khusus dari sebuah departemen atau
perusahaan DBMS. Ini dirancang untuk digunakan dengan remote pengguna yang
biasanya tidak terhubung ke jaringan. DBMS memungkinkan mobileakses database
lokal dan modifikasi pada laptop atau perangkat genggam, seperti PDA
atauPocketPC Palm. Selanjutnya, mobile DBMS menyediakan mekanisme untuk
sinkronisasi perubahan basis data jauh terpusat, perusahaan atau departemen
server database.
B. Manajemen Data Sisi Server
Manajemen Data yang terjadi pada sisi server dapat kita
pahami pada versi DBMS dibawah ini.
MODBMS (Memindahkan Obyek DBMS) adalah sebuah DBMS yang menyimpan dan mengelola
informasi lokasi serta dinamis lainnya informasi tentang obyek bergerak. MODBMS
memungkinkan seseorang untuk mewakili benda-benda bergerak dalam database dan
untuk menanyakan pertanyaan tentang gerakan tersebut. Daerah MODBMS merupakan
bidang yang belum dijelajahi relatif terhadap RDBMS atau DBMS Spasial di mana
beberapa karya yang telah dilakukan dalam standarisasi dan komersialisasi. Ada
beberapa penelitian prototipe untuk MODBMS seperti DOMINO tetapi hanya sedikit
produk MODBMS komersial. Memindahkan objek dapat diklasifikasikan ke dalam
bergerak poin dan bergerak daerah. Memindahkan objek hanya relevan tergantung
waktu posisi dalam ruang. Mereka bisa mobil, truk, pesawat terbang, kapal atau
ponsel pengguna. Pindah daerah objek bergerak dengan rupa seperti badai, hutan
file, tumpahan minyak, wabah penyakit, dan sebagainya. Pindah daerah berubah
posisi dan geometri objek dengan waktu sambil bergerak poin hanya berubah
posisi benda.
Berikut ini adalah penjelasan mengenai beberapa
kolaborasi arsitektur sisi client dan sisi server :
1. Single-Tier
Definisi arsitektur single-tier, seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah
ini, adalah bahwa semua komponen produksi dari sistem dijalankan pada komputer
yang sama. Kelemahan dari jenis ini adalah keamanannya lebih rendah dan
kurangnya skalabilitas. Sebuah arsitektur skalabel dapat dengan mudah ketika
diperluas atau ditambah untuk memenuhi kebutuhan peningkatan kinerja.
2. Two-tier
Dalam arsitektur klien / server
dua lapis , antarmuka pengguna ditempatkan di lingkungan desktop dan sistem
manajemen database. Biasanya dalam sebuah server, yang lebih kuat merupakan
mesin yang menyediakan layanan bagi banyak klien. Pengolahan informasi dibagi
antara sistem user interface lingkungan dan lingkungan server manajemen
database.
3. Three-tier
Arsitektur Three-Tier
diperkenalkan untuk mengatasi kelemahan dari arsitektur two-tier. Di tiga
tingkatan arsitektur, sebuah middleware digunakan diantara sistem user
interface lingkungan klien dan server manajemen database lingkungan. Middleware
ini diimplementasikan dalam berbagai cara seperti pengolahan transaksi monitor,
pesan server atau aplikasi server.
·
Three tier dengan server pesan
Pada arsitektur ini, pesan akan
diproses dan diprioritaskan. Header pesan memiliki prioritas yang mencakup
informasi, alamat dan nomor identifikasi. Server pesan dihubungkan ke
relasional DBMS dan sumber data lainnya. Sistem pesan alternatif untuk infrastruktur
nirkabel.
·
Three tier dengan aplikasi server
Arsitektur ini
memungkinkan server untuk menjalankan sebuah aplikasi pada server lain tidak
terdapat di sistem user interface lingkungan klien. Aplikasi dalam arsitektur
ini lebih terukur dan biaya instalasinya murah pada satu server.
C. Manajemen Database Sistem Perangkat Bergerak
Pesatnya perkembangan bagi
komunikasi bergerak mendorong para operator layanan berlomba untuk memperkaya
macam layanannya guna menambah pemasukan bagi perusahaanya. Komunikasi data
bergerak, misalnya untuk akses internet. Pengenalan WAP (Wireless Application
Protocol) telah menunjukkan potensi sebagai layanan internet nirkabel/ WAP
merupakan protocol global terbuka yang memungkinkan para pengguna mengakses
layanan-layanan on-line dari layar kecil pada telepon genggam dengan
menggunakan built-in browser. WAP bekerja pada berbagai teknologi jaringan
bergerak, yang memungkinkan pasar missal bagi penciptaan layanan data bergerak.
Contoh dari layanan bergerak
adalah GPRS. GPRS merupakan system transmisi berbasis paket untuk GSM yang
menggunakan prinsip 'tunnelling'. GPRS tidak menawarkan laju data tinggi yang
memadai untuk multimedia nayata, tetapi GPRS merupakan kunci untuk
menghilangkan beberapa batas pokok bagi layanan-layanan data bergerak.
Beberapa faktor yang menjadi pertimbangan bahwa GPRS
merupakan teknologi kunci untuk data bergerak :
·
Memperkaya utility investasi untuk perangkat GSM
yang sudah ada.
·
Merupakan teknologi jembatan yang bagus menuju
generasi ke 3
·
Mampu memanfaatkan kemampuan cakupan global yang
dimiliki GSM.
·
Menghilangkan atau mengurangi beberapa pembatas
bagi akses data bergerak.
·
Memiliki laju data sampai 115 kbps yang berarti
dua kali lipat daripada koneksi 'dial up' 56 kbps yang berlaku.
·
Menampakan diri sebagai komunikasi yang 'selalu'
terhubung sehingga memiliki waktu sesi hubungan yang pendek dan akses langsung
ke internet.
Arsitektur dari sisi server/ admin dan client/ user pada
pc
Sumber :
- http://sitihalimahfight.blogspot.co.id/2014/11/pengantar-telematika.html
- http://anidotnet.blogspot.co.id/2011/12/arsitektur-dari-sisi-server-admin-dan.html
- http://refflinsukses.blogspot.co.id/2015/11/penulisan-2-pengantar-telematika.html